Wednesday, July 22, 2009

Pasar Kosambi Surga Panganan Tradisional

Sudah bukan rahasia lagi bila Bandung dikenal sebagai salah satu pusat wisata kuliner di tanah air. Setiap akhir pekan dan musim liburan para wisatawan terutama asal Betawi berbondong-bondong ke kota kembang untuk mengunjungi sejumlah factory outlet maupun distro pakaian. Dan tentu saja mereka tidak akan melewatkan berburu makanan dan penganan khas Bandung untuk dijadikan oleh-oleh.

Jika Anda berniat mencari penganan dan oleh-oleh khas Pasundan tentu banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi, namun jika ingin mencari tempat yang memiliki beraneka jenis penganan Pasar Kosambi layak dikedepankan.

http://lh3.ggpht.com/_HUAkoIh6fLQ/SPg6nWhZN-I/AAAAAAAAAjw/m0pSSA0Qnuw/s400/kosambi2.JPG

“Suasana di Salah Satu Kios Oleh-oleh Pasar Kosambi” - Indra KH From bandung

Di pasar yang terletak di Jl. Ahmad Yani ini Anda bisa leluasa memilih, pasalnya kios-kios yang menjual penganan dan oleh-oleh banyak sekali. Belum lagi pilihan kudapan di tempat ini beraneka ragam sehingga Anda tidak perlu khawatir akan membawa buah tangan yang itu-itu saja.

Pasar Kosambi tak hanya menyediakan penganan dan oleh-oleh khas Bandung, namun juga melingkupi kudapan khas Jawa Barat lainnya. Di sini misalnya Anda bisa membeli goreng oncom, goreng tempe, sale pisang aneka rasa, dodol Garut, wajit Cililin, tengteng, kremes, hingga opak Conggeang. Kue-kue kering maupun cemilan seperti pastel, kue keju, kacang Bandung, hingga bolu kering yang legendaris bisa diperoleh di Kosambi.

Harga penganan maupun oleh-oleh di tempat tersebut juga relatif terjangkau. Sebagian besar dijual pada kisaran 20 ribu – 40 ribu per Kg. Jika tidak ingin kebanyakan, setiap jenis bisa Anda beli cukup setengah Kg atau seperempat Kg saja.

Satu hal lagi yang bisa jadi pertimbangan untuk memilih tempat ini adalah soal kepadatan pengunjungnya. Dibandingkan Pasar Baru pengunjung di Pasar Kosambi relatif lebih sedikit. Sehingga Anda akan lebih leluasa dalam berbelanja. Namun hal tersebut tidak berlaku di bulan puasa. Menjelang lebaran pembeli di pasar ini pun turut melonjak, terutama oleh orang-orang yang tidak ingin repot membuat kue. Bermodalkan 100 ribu rupiah saja dijamin Anda akan bisa mendapat banyak jenis kue. Termasuk penganan yang unik atau jadul sekalipun.

Bahkan boleh jadi kakaren lebaran Anda tidak akan tersisa di rumah. Karena apa yang disajikan di rumah berbeda dengan sajian di banyak rumah yang melulu menyuguhkan kue-kue kering semacam kue nastar, kue putri salju, kue keju. Pengalaman saya tentang sajian kue lebaran unik menyisakan cerita semacam itu. Kakaren nyaris tidak tersisa.

http://lh4.ggpht.com/_HUAkoIh6fLQ/SPg6nLwjuUI/AAAAAAAAAjo/wG6eq7bsCMg/s400/kosambi1.JPG

“Tampak Depan Pasar Kosambi” - Indra KH From bandung

Jadi mulai saat ini jika Anda berkunjung ke Bandung dan berniat mencari penganan dan oleh-oleh untuk keuarga, teman dan kerabat tidak perlu bingung. Pasar Kosambi bisa dijadikan pilihan. Hal ini tentu berlaku juga untuk orang Bandung yang bosan dengan jenis kudapan yang itu-itu saja. Penasaran? Silahkan kunjungi Kosambi. Letaknya sekitar 3 Km arah Timur Alun-alun Bandung. Jika Anda datang dari gerbang tol Pasteur selanjutnya bisa melewati jalan layang Paspati lalu turun di Taman Sari, selanjutnya ikuti Jl. Dago ke arah Merdeka, susuri Jl. Lembong, Veteran, Sunda, dan Ahmad Yani ke arah timur.

1 comments:

BOWO said...

INGAT INGAT TERUS BAHWA WARGA RW.11 AKAN MENGADAKAN HAJATAN DEMOKRASI UNTUK MENENTUKAN PEMIMPIN WARGA, JANGAN SIA SIA KAN PILIHAN ANDA, PILIH YANG ASPIRATIF DAN YANG MEMPUNYAI DEDIKASI TINGGI UNTUK KEPENTINGAN WARGA KESELURUHAN....MINGGU, 7 PEBRUARI 2010, KITA TENTUKAN SIAPA YANG AKAN MEMIMPIN....