Thursday, June 16, 2011

Kembali Menanti Gerhana Bulan di Penghujung Tahun 2011





Bandung
- Kondisi cuaca dan langit di Kota Bandung sepertinya kurang bersahabat dalam pemantauan gerhana bulan total kali ini. Hanya sesekali fenomena alam itu bisa dilihat, padahal proses gerhana bulan kali ini lebih dari 4 jam. Namun tak usah khawatir, pada Desember 2011, gerhana bulan seperti ini akan bisa disaksikan lagi, tentunya jika kondisi cuaca cerah.

Hal itu diungkapkan Direktur Observatorium Bosscha Hakim L Malasan saat berbincang di area Bosscha, Kamis (16/6/2011) dini hari.

"Kalau tidak bisa lihat gerhana bulan kali ini, bisa tunggu sampai Desember," ujar Hakim .

Perbedaannya dengan gerhana bulan total dini hari tadi, gerhana bulan pada Desember mendatang akan berlangsung sekitar pukul 19.00 WIB.

"Kalau gerhana yang ini kan terjadi pas kebanyakan orang sedang tidur. Kalau pada bulan Desember nanti terjadi saat masih beraktivitas. Yaitu setelah Maghrib," katanya.

Namun proses gerhana bulan pada desember nanti total waktunya tidak akan selama proses gerhana dini hari tadi.

"Kalau yang Juni ini prosesnya lama sekali, seluruh prosesnya mencapai 4 jam dengan masa puncak sekitar 2 jam. Kalau yang Desember mungkin prosesnya saja kurang dari 2 jam," katanya.

Ia pun tak bisa memastikan, bahkan cenderung pesimis dengan cuaca pada saat gerhana bulan terjadi pada Desember nanti. "Kalau dari waktu, sebenarnya gerhana pada bulan Juni ini dinilai baik karena terjadi pada musim kemarau dimana cuaca diprediksi bagus. Tapi kalau Desember itu musim hujan. Tapi kan cuaca sulit ditebak," tutur Hakim.

Seerti halnya kondisi cuaca saat gerhana bulan total terjadi, di wilayah Bandung dan sekitarnya langit berawan. Selain itu di area Bosscha kabut pun turun selama proses gerhana. Pemantauan proses gerhana bulan pun sepertinya jadi kurang optimal.

Video Gerhana bulan

http://www.metrotvnews.com/read/newsvideo/2011/06/16/130284/Gerhana-Bulan-Terlama-Terlihat-di-Indonesia

Tya Eka Yulianti - detikNews
(tya/van)


0 comments: