Tuesday, September 1, 2009

Menara Masjid di Bandung Tempat Favorit Ngabuburit


Bandung - Menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit dengan melihat keindahan panorama kota dari menara masjid menjadi tradisi yang berkembang di sejumlah daerah di Bandung. Di Bandung tempat ngabuburit tersebut adalah menara kembar Masjid Raya Bandung. Tidak heran jika menara kembar ini menjadi salah satu tempat favorit ngabuburit di kota Bandung.

Inilah suasana menara kembar Masjid Raya Bandung setiap bulan Ramadhan. Bahkan Masjid Raya Bandung yang terletak di pusat kota Bandung ini kian dipadati warga mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menjelang saat berbuka puasa.

Umumnya mereka ingin menikmati panorama kota Bandung dari menara kembar setinggi 86 meter. Untuk bisa mencapai ketinggian menara kembar, pengunjung hanya perlu berinfak sebesar 2 ribu rupiah.

Menara kembar yang mulai dibuka sejak siang hingga menjelang adzan Magrib mampu menampung hingga 80 orang pengunjung. Selain dari kota Bandung, banyak warga dari daerah lain yang sengaja datang mengisi waktu diatas menara kembar.

Pihak pengelola masjid menjadikan menara masjid sebagai tempat wisata religi bagi masyarakat umum sejak masjid selesai direnovasi tahun 2003 lalu. Masjid Raya Bandung pertama kali dibangun tahun 1900 oleh Bupati Bandung saat itu. Selain memiliki menara kembar, berada dibagian utara dan selatan, masjid ini juga dilengkapi dua buah kubah. (Cecep Hendar/Sup)

0 comments: